Home Terbaru Gebrakan Erick Thohir, Sarinah ‘Dikawinkan’ dengan Sari Pan

Gebrakan Erick Thohir, Sarinah ‘Dikawinkan’ dengan Sari Pan

Portal IDNpos May 4, 2021 9:06 pm

Jakarta, IDNPOS Indonesia Kementerian Bada Usaha Milik Negara (BUMN) meresmikan integrasi antara PT Sarinah (Persero) dengan PT Parna Jaya, pengelola Hotel Sari Pan Pacific. Kedua perusahaan yg memiliki tempat berdekatan ini nantinya akan menjadi pusat tourism di tengah kota Jakarta, mulai berasal dari penginapan sampai pusat belanja.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Sarinah akan bangkit kembali seperti cita-cita Presiden Sukarno yg menjadikan Sarinah sebagaimana pusat belanja modern dengan dasar kultur. Ditargetkan pemugaran gedung ini dapat rampung pada November 2021.

“Daerah sekitar Sarinah mesti tingkatkan sinerginya, salah satunya hotel Sari Pan Pasific yg telah berdiri berasal dari 1976 menjadi ikon Jakarta. Kepemilikan yg selama ini tentu belum maksimal, hari ini kami maksimalkan. Insya Allah tahun ini Sari Pasific sendiri telah memulai renovasi besar-besaran sehingga dapat menjadi hotel yg menjadi pusat tujuan untuk penginapan di DKI Jakarta,” kata Erick di kantor Kementerian BUMN, Hari Selasa (4/5/2021).

Baca Juga :  Menteri KKP Sebut Probolinggo Cocok Jadi Sentra Ekonomi Perikanan

“Tidak kalah pentingnya ini merupakan fasilitas pendukung antara hotel dan juga serta Sarinah saling terkait. Karena itu jaraknya sangat dekat. Inilah saya rasa bulan baik, membangun ekosistem baik, hari ini tentu kami laksanakan niat itu menjadi kenyataan,” lanjutnya.

Sejalan dengan itu, Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengatakan nantinya Sarinah akan menyediakan produk-produk UMKM Indonesia yg memiliki economic skill yg bagus sehingga memiliki harga yg kompetitif. Targetnya ialah membawa produk UMKM yg dipasarkan Sarinah menjadi go international.

Dia menyebutkan pada Juni dan juga serta Juli nanti Sarinah akan melakukan kurasi atas produk UMKM yg akan dipasarkan melalui Sarinah. Kurasi ini akan menggunakan kriteria yg spesifik, yaitu basic, select dan juga serta signature.

“menjadi distribusi ke offline, duty free shop, trading house, Sarinah internasional offshore apabila nanti buka di luar negeri. kami libatkan ekspertis style, art, craft, jewelry sehingga terdapat masukan sesuai dengan bidangnya,” kata Fetty.

Baca Juga :  Ada Bukti Autentik, Panglima TNI: KRI Nanggala Tenggelam

Untuk menunjang kerja sama tersebut, Direktur Utama Parna Jaya Charles Simbolon mengatakan tahun ini Hotel Sari Pan Pasific akan melakukan renovasi besar-besaran dan juga serta telah menganggarkan dana sampai Rp 360 miliar untuk rencana tersebut.

“Kami akan Investasi Rp 365 miliar. Renovasi tersebut untuk keseluruhan, seluruh kamar, lobi area dan juga serta parkiran dan juga serta semua akses F&B akan lebih confinient lagi. serta dengan Sarinah sebagaimana arahan Pak Menteri supaya lebih gampang lagi, fasilitas duty free akan kami siapkan,” kata Ia di kesempatan yg sama.

Adapun kerja sama Sarinah dengan Parna Jaya ini serta menandai selesainya sengketa hukum antara kedua perusahaan yg berlangsung sejak 2007 lalu soal kepemilikan Hotel Sari Pan Pacific.

Kedua belah pihak bermaksud untuk mengakhiri secara damai sengketa-sengketa dan juga serta upaya-upaya hukum yg telah, sedang, atau akan dijalankan sesuai dengan Putusan PK Perdata, Putusan Perdata RUPS dan juga serta Putusan TUN mengenai komposisi kepemilikan saham Pihak Pertama (PT Sarinah) dan juga serta Pihak Kedua (PT Parna Jaya) di di dalam perusahaan.

Baca Juga :  Jarah Rumah, Decky Ambil Uang Rp 25 Juta dan Perhiasan

Berdasarkan permasalahan hukum tersebut, saat ini, kedua belah pihak, Sarinah dan juga serta Parna Jaya saling menyetujui untuk mengakhiri secara damai sengketa-sengketa hukum tersebut. Berdasarkan perjanjian, kedua belah pihak sepakat untuk saling memiliki 3.750 saham atau setara dengan 50%-%50%.

Hasil RUPS kedua perusahaan, keduanya pihak serta menyepakati bahwa Kewajiban Inbreng Pihak Pertama berupa penyerahan tanah kepada perusahaan seluas 2.280 m2 akan dikesampingkan.

Selanjutnya, berdasarkan perjanjian keduanya, para pihak sepakat untuk memberikan hak pengelolaan dan juga serta pengoperasian hotel kepada PT Parna Jaya selama 15 tahun lamanya terhitung sejak tanggal penandatanganan perjanjian.

[Gambas:Video IDNPOS]

(hoi/hoi)


Sumber Referensi & Artikel : C N B C
Saksikan video pilihan berikut ini: